DESIGN AN INTEGRATED INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL IN DEMAK WITH A NEO VERNACULAR ARCHITECTURAL APPROACH PERANCANGAN SEKOLAH ISLAM INTERNASIONAL TERPADU DI DEMAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah hak semua warga negara dan juga merupakan jantung dari tubuh suatu bangsa. Keberhasilan tujuan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan sistem pendidikannya. Agar suatu sistem pendidikan dapat menjawab tuntutan globalisasi secara memadai, maka harus mampu melakukannya tanpa mengabaikan nilai-nilai agama atau nilai-nilai moral sebagai pilar utama. Dampak yang terjadi akibat globalisasi adalah munculnya persaingan yang semakin ketat antar negara, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi, hanya negara-negara yang berada di puncak bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan ekonomi dapat mengambil manfaat besar dari globalisasi. Dengan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, kita dapat mencapai keunggulan di bidang ekonomi dan teknologi. Hal sulit dari globalisasi adalah bahwa hal itu menuntut negara-negara untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Dampak dari globalisasi ini mengakibatkan masalah-masalah kenakalan remaja yang terjadi khususnya di Kota Demak, untuk itu perlunya sistem Pendidikan bersasis Islam Terpadu yaitu pelajaran umum yang berintregasi dengan pelajaran Islam. Dalam perencanaan Sekolah Islam Internasional Terpadu yang berada di Kota Demak menerapkan pendekatan arsitektur neo vernakular guna untuk menunjukan identitas lokal arsitektur setempat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.